Kamis, 08 September 2016

Siklus Limbah Untuk Energi Alternatif

Energi alternatif sampai dengan saat ini terus diburu, di kaji dan di teliti. Berbagai langkah dan tindakan terus di lakukan guna menemukan cara terbaik untuk menemukan hal yang bisa di jadikan pasokan sumber energi guna mencukupi kebutuhan kita di masa mendatang. Semakin tipis dan menyusutnya sumber cadangan energi fosil di seluruh dunia, mengharuskan kita berpikir keluar dari lingkaran umum pola pemakaian energi, untuk keberlangsungan kemajuan teknologi kehidupan manusia.

Berbagai buku dan catatan yang telah kita pelajari telah mencatat tentang suatu ketentuan, mengenai energi yang termaktub dalam hukum kekekalan energi, yang sampai dengan saat ini masih terus di telusuri dan di pelajari oleh berbagai kalangan. Hukum kekekalan energi mengatakan "energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainya. Mengacu pada hukum kekekalan energi inilah sebetulnya pencarian tentang energi alternatif sampai dengan saat ini terus di kaji dan di teliti.

Konsumsi energi fosil yang dulu di andalkan sebagai penopang ketercukupan bahan bakar guna memanjakan kebutuhan hidup kita sekarang mulai di sadari untuk segera di kurangi. Hal ini mengacu pada proses pengembalian atau perubahan energi setelah di gunakan untuk kembali ke bentuk semula ternyata membutuhkan waktu yang sangat lama hingga berjuta tahun lamanya. Padahal kebutuhan bahan bakar sebagai sumber pergerakan kita terus tumbuh meningkat berlipat kali berbanding terbalik dengan proses perubahan energi secara alami.

Di era teknologi saat ini, hampir setiap kegiatan yang kita lewati selalu berdampingan dengan yang namanya engine atau mesin alias alat bantu. Mesin atau perlengkapan yang setiap hari menjadi teman kita dalam ber aktifitas tentu saja membutuhkan sumber bahan bakar, alias energi.
- Kita berpindah lokasi membutuhkan alat transportasi
- Kita setiap hari bersosialisasi hampir selalu menggunakan alat komunikasi
- Kita setiap hari memberi dan mendapat aneka info juga melalui berbagai media yang berteknologi
- Kita setiap hari mendapatkan penerangan dan aneka alat bantu dari kemajuan dunia elektrik
- Kita setiap hari mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman olahan juga dari rangkaian kemajuan teknologi
Dan semua itu butuh energi atau bahan bakar untuk menjadi sumber penggerak utamannya.

Di karenakan semua gerak dan kehidupan kita setiap hari membutuhkan energi, dan pada kenyataanya sumber cadangan energi fosil seperti minyak bumi pada waktunya nanti akan habis, karena tak sebanding dengan tingkat konsumsi dunia yang terus meningkat, maka kita haruslah mengapresiasi dan menyemangati para peneliti untuk menemukan solusi mencukupi kebutuhan energi dengan mencari penemuan baru yaitu energi alternatif.

Limbah dari kotoran kita, hewan, dan aneka sampah organik kini mulai di kaji untuk di jadikan sebagai bahan baku energi alternatif. Proses pengolahan dan pemanfaatan hal tersebut, di karenakan setiap limbah tentunya menghasilkan gas atau bio gas yang saat ini terus di kaji dan di coba pemanfaatanya se efektif mungkin guna mencukupi keperluan energi kita setiap hari.

Proses pemanfaatan limbah untuk energi alternatif ini sebetulnya memiliki kunci dasar yaitu dari tanah kembali lagi ke tanah. Hanya saja dulunya kita tidak pernah terpikirkan bahwa siklus dari tanah kembali ke tanah tersebut, melalui berbagai proses, yang setiap prosesnya bisa menghasilkan bentuk energi lain. Proses perubahan yang menghasilkan energi lain tersebut kini mulai optimal di manfaatkan, baik yang di lakukan secara alami maupun tambahan rekayasa terus di kerjakan, guna menemukan solusi energi alternatif, energi baik, energi baru dan terbarukan bagi kehidupan kita.

Jadi jika dulu kita cuma berpikir, dari tanah kembali ke tanah saja. Mulai saat ini kita di ajak berpikir bagai mana caranya dari tanah sebelum kembali ke tanah, bisa melalui proses yang memberikan manfaat nyata bagi tercukupinya kebutuhan energi alternatif untuk kita saat ini dan generasi mendatang

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Semoga Sukses Selalu